Onlain bookmaker bet365.com - the best bokie

KANDUNGAN NUTRISI

 

kandungan-nutrisi-madu

 

Sebagai pemanis alami, madu mengandung berbagai nutrisi dan tidak mengandung zat-zat kimia seperti pada pemanis buatan pada umumnya. Meski kandungan nutrisi madu berbeda-beda tergantung dari jenis nektar bunganya,kandungan nutrisinya secara keseluruhan tetap sama.

Kalori

setiap 1 sendok makan madu mengandung 64 kalori rendah lemak, bebas kolesterol, dan tidak mengandung sodium. Komposisi madu rata-rata terdiri dari 80 % karbohidrat, 18 % air dan 2 % vitamin, mineral, dan asam amino.

Karbohidrat

Madu kaya akan karbohidrat -- sebagian besar fruktosa dan glukosa --, dengan perbandingan rata-rata 38 % fruktosa, 32 % glukosa, dan sisa maltosa, sukrosa, dan karbohidrat komplek lainnya . setiap satu sendok makan madu mengandung 17 gram karbohidrat, yang mana sebesar 16 gram merupakan gula. Sebuah studi pada tahun 2001 yang dilakukan oleh University of Memphis menunjukkan bahwa madu adalah karbohidrat yang sangat efektif meningkatkan ketahanan selama olahraga.

Vitamin dan Mineral

Madu juga kaya akan vitamin dan mineral. Vitamin sangat bermanfaat membantu mencerna kolesterol jahat dan asam lemak dalam tubuh, sehingga mencegah obesitas dan meningkat kesehatan tubuh secara keseluruhan. Vitamin B6, hiamine, niacin, riboflavin dan pantothenic acid adalah vitamin yang banyak ditemukan dalam madu, meski kadarnya berbeda-beda tergantung dari jenis nektar bunga. Kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, phosfor, potassium, dan zinc adalah jenis mineral yang ditemukan dalam madu dengan jumlah yang melimpah.

Antioksidan

Madu juga mengandung antioksidan bebas lemak dan kolesterol dalam bentuk polyphenols dan flavonoid, sangat bermanfaat melawan radikal bebas yang menyebabkan banyak penyakit yang mematikan.

Enzim

Madu secara alami mengandung enzim meski dalam jumlah sedikit. Enzim ini dimasukkan ke cairan madu oleh lebah maduketika fase-fase proses pembentukan madu. Jenis enzim yang paling dominan adalah diastase (amylase), invertase (α-glucosi-dase) dan glucose oxidase. Jenis enzim lain adalah catalase dan asam fosfate yang umumnya ada dalam jumlah lebih sedikit. Meski jenis enzim pada madu tidak jauh berbeda meski dihasilkan dari nektar bunga yang berbeda-beda,  tetapi jumlah kandungan tiap jenis enzim bisa sangat jauh berbeda tergantung dari nektar bunga.

Pre- dan Pro-biotic

Bifidobacteria adalah subclass dari kelompok bakteri yang penting untuk kesehatan percernaan yang sering kita sebut dengan "bakteri baik". Meningkatkan populasi bakteri baik ini (dan menekan populasi bakteri jahat) dalam saluran pencernaan merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan pecernaan. Populasi bifidobacteria ini dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi probiotik dan prebiotik. Probiotik adalah bakteri baik bagi usus, yang dapat membantu menyeimbangkan ekosistem bakteri dalam usus. Sedangkan Prebiotik adalah makanan yang tidak dapat dicerna, berfungsi sebagai suplemen untuk pertumbuhan dan perkembangan bakteri baik dan menekan pertumbuhan bakteri jahat dalam sistem pencernaan. Jenis prebiotik yang paling umum adalah FOS (Frukto Oligosakarida), GOS (Galakto Oligosakarida), dan inulin. Madu mengandung berbagai jenis Oligosakarida yang berfungsi sebagai prebiotik. Sebuah penelitian yang diadakan oleh Michigan State University menunjukkan bahwa menambahkan madu pada produk makanan susu fermentasi seperti yogurt dapat meningkatkan pertumbuhan, aktivitas, kelangsungan hidup Bifidobakteria.

 

Tabel Kandungan Nutrisi
Nutrient

Jumlah per 1 sendok makan (21 g)

Jumlah per 100 g
   *Contains less than 2% of the Daily Value for vitamin A, vitamin C, iron and calcium
Water  3.6 g  17.1 g
Total Carbohydrates  17.3 g  82.4 g
      Fructose  8.1 g  38.5 g
      Glucose  6.5 g  31.0 g
      Maltose  1.5 g  7.2 g
Information for nutritional labeling*    
      Total Calories (kkal) 64 304
      Total Calories (kkal) (from fat) 0 0
      Total Fat 0 0
      Saturated Fat 0 0
      Cholesterol 0 0
      Sodium 0.6 mg 2.85 mg
      Total Carbohydrates 17 g 81 g
      Sugars 16 g 76 g
      Dietary Fiber 0 0
      Protein 0.15 mg 0.7 mg
Vitamin    
      Thiamin < 0.002 mg < 0.01 mg
      Riboflavin < 0.06 mg < 0.3 mg
      Niacin < 0.06 mg < 0.03 mg
      Biotin N/A N/A
      Panthothenic Acid < 0.05 mg < 0.25 mg
      Vitamin B-12 N/A N/A
      Vitamin C 0.1 mg 0.5 mg
      Vitamin A 0 0
      Vitamin D 0 0
      Vitamin E 0 0
Minerals    
      Calcium 1.0 mg 4.8 mg
      Iron 0.05 mg 0.25 mg
      Zinc 0.03 mg 0.15 mg
      Potassium 11.0 mg 50.0 mg
      Phosphorus 1.0 mg 5.0 mg
      Magnesium 0.4 mg 2.0 mg
      Selenium 0.002 mg 0.01 mg
      Copper 0.01 mg 0.05 mg
      Chromium 0.005 mg 0.02 mg
      Manganese 0.03 mg 0.15 mg
Ash 0.04 g 0.2 g
Nutrient
DEFINISI
Karbohidrat
Sumber energi utama tubuh. merupakan zat gizi yang terdapat dalam makanan yang tersusun dari unsur Carbon (C), Hidrogen(H), dan oksigen (O).
Fructose
Gula buah dan masih termasuk di dalam monosakarida yang bisa kita temukan pada banyak jenis tanaman.
Maltose
Disakarida yang terbentuk dari dua unit glukosa bergabung dengan ikatan α(1 → 4), terbentuk dari reaksi kondensasi.
Calorie
Takaran energi dalam makanan.
Sodium
Salah satu unsur kimia. Mempunyai peran penting dalam mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh.
Sugar (gula)
Nama generik dari suatu karbohidrat manis yang larut air. Gula sering digunakan dalam makanan.
Protein
Senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi yang merupakan polimer dari monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida.
Thiamin
Nama lain dari vitamin B1, terdiri atas cincin pirimidina dan cincin thiazola yang mengandung sulfur dan nitrogen yang dihubungkan oleh jembatan metilen. Thiamin juga di kenal sebagai vitamin berenergi karena memiliki efek yang bermanfaat bagi sistem saraf dan energi.
Riboflavin
Nama lain dari vitamin B2. Riboflavin adalah vitamin yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, penghasilan antibodi, pernafasan sel, proses tumbesaran.
Niacin
Disebut juga sebagai vitamin B3. Ditemukan dalam 2 bentuk yaitu asam nicotinic dan nicotinamide. asam nicotinic berperan penting dalam sistem peredaran darah dan sistem saraf. Sedangkan bentuk amide dari niasin yaitu nicotinamide bermanfaat dalam memproses karbohidrat, lemak dan protein untuk menghasilkan energi.
Panthothenic Acid
Disebut juga sebagai vitamin B5, terdiri dari dua macam yaitu pantethine dan calsium pantothenate. Panthothenic Acid berperan sebagai komponen koenzim A yang terlibat langsung dalam proses asetilasi dan pelepasan energi dari molekul makronutrien.
Vitamin C
Atau asam askorbat adalah vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan zat yang disebut kolagen. Vitamin C termasuk golongan vitamin antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas ekstraselular.
Calcium
Sebuah elemen kimia dengan simbol Ca dan nomor atom 20. Kalsium adalah mineral yang amat penting bagi manusia, antara lain bagi metabolisme tubuh, penghubung antar saraf, kerja jantung, dan pergerakan otot.
Iron
unsur kimia dengan simbol Fe (dari bahasa Latin: ferrum) dan nomor atom 26. Merupakan logam dalam deret transisi pertama. Besi memainkan peranan penting dalam biologi, membentuk kompleks dengan oksigen molekuler dalam hemoglobin dan myoglobin; kedua senyawa ini adalah protein pengangkut oksigen dalam vertebrata.
Zinc
Unsur kimia dengan lambang kimia Zn, bernomor atom 30, dan massa atom relatif 65,39. Seng merupakan zat mineral esensial yang sangat penting bagi tubuh. Kekurangan zat ini pada anak dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan, memengaruhi pematangan seksual, mudah terkena infeksi, diare.
Potassium (Kalium)
Unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang K dan nomor atom 19.Ion kalium diperlukan untuk fungsi semua sel hidup. Transfer ion kalium melalui membran sel syaraf diperlukan untuk transmisi saraf normal; kekurangan dan kelebihan kalium masing-masing dapat mengakibatkan banyak kelainan, termasuk irama jantung yang abnormal dan berbagai kelainan elektrokardiografi (EKG).
Phosphorus
unsur kimia yang memiliki lambang P dengan nomor atom 15. Salah satu manfaat Fosfor terbesar bagi kesehatan tubuh adalah membantu proses pembentukan tulang dan gigi yang sehat. Sedangkan peran lain dari fosfor yang tidak kalah penting adalah meningkatkan kinerja proses pencernaan makanan serta membantu pengaturan proses pembuangan sisa metabolisme dan zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh.
Magnesium
Unsur kesembilan paling melimpah di alam semesta.Manfaat kesehatan dari magnesium termasuk mempertahankan saraf tubuh, otot dan tulang. Hal ini juga membantu dalam sintesis protein dan metabolisme sel. Magnesium sangat penting untuk mempertahankan detak jantung yang normal dan digunakan oleh dokter untuk mengobati ketidakteraturan irama jantung.
Selenium
Unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Se dan nomor atom 34. Sebagian manfaat selenium adalah menjaga Kesehatan dan Fungsi Sistem Kardiovaskular, Sebagai Antioksidan, Meningkatkan Kesehatan Otak, Sebagai Anti Inflamasi, dan juga Meningkatkan Imunitas Tubuh.
Copper
Unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Cu dan nomor atom 29. Tembaga merupakan nutrien yang penting bagi kehidupan manusia dan tanaman tingkat rendah. Di dalam tubuh, tembaga biasanya ditemukan di bagian hati, otak, usus, jantung, dan ginjal.
Chromium
Salah satu jenis mineral tubuh yang kita gunakan dalam jumlah kecil untuk menjaga fungsi tubuh tetap normal. Jenis mineral ini juga berfungsi dalam memonitor kadar gula darah, dan membantu menstabilkan gula darah. Kromium juga dapat mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi, ia juga dianggap membantu dalam mencegah kehilangan memori dan juga dapat mengatasi penyakit Alzheimer.
Manganese
unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Mn dan nomor atom 25. Mangan adalah mineral alami dalam tubuh yang jumlahnya kecil, di mana merupakan suatu senyawa enzim oksida dismutase yang super. Mangan biasanya terdapat pada beberapa jaringan penting di dalam tubuh, seperti tulang, ginjal, hati, dan pankreas. Mangan juga merupakan zat antioksidan kuat yang mampu mengeluarkan radikal bebas dar dalam tubuh.

Официален блог на WebEKM EKM очаквайте сайта онлайн скоро.

Download Free Templates http://bigtheme.net/ free full Wordpress, Joomla, Mgento - premium themes.

KANDUNGAN NUTRISI | Madu